Pages

Paket kiriman | Paket kiriman Motor | Paket Kiriman Barang Jasa Pengiriman Barang | Jasa Pindahan Rumah | Jasa Pindahan Kantor Ekspedisi Pengiriman Mobil | Ekspedisi pengiriman barang | Ekspedisi pengiriman | Ekspedisi pengiriman motor | Package delivery | Package shipment Motorcycle | Posts Package Goods Freight Forwarding | Freight Overseas | Moving Services Home | Office Moving Services Car Delivery Expedition | Expedition delivery | delivery Expedition

LAYANAN PENGIRIMAN KAMI MELIPUTI :

> Penjemputan Barang (Pick Up)

> Delivery / Penghantaran ke Tujuan

> Packaging *

> Asuransi *

> Tracking Info *



PELABUHAN - port

Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. 

Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Crane dan gudang berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. 

Sering pula disekitarnya dibangun fasilitas penunjang seperti pengalengan dan pemrosesan barang. Peraturan Pemerintah RI No.69 Tahun 2001 mengatur tentang pelabuhan dan fungsi serta penyelengaraannya. 


Pelabuhan juga dapat di definisikan sebagai daerah perairan yang terlindung dari gelombang laut dan di lengkapi dengan fasilitas terminal meliputi : dermaga, tempat di mana kapal dapat bertambat untuk bongkar muat barang. crane, untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat barang. gudang laut (transito), tempat untuk menyimpan muatan dari kapal atau yang akan di pindah ke kapal. 

Pelabuhan juga merupakan suatu pintu gerbang untuk masuk ke suatu daerah tertentu dan sebagai prasarana penghubung antar daerah, antar pulau, bahkan antar negara. (Triatmodjo, 2009) 

Jenis Pelabuhan (Berdasarkan PP N.69 Tahun 2001) 

a. Alamnya Pelabuhan terbuka, kapal dapat merapat langsung tanpa bantuan pintu air,umumnya berupa pelabuhan yang bersifat tradisional. Pelabuhan tertutup, kapal masuk harus melalui pintu air seperti dapat kita temui di Liverpool, Inggris dan terusan Panama. 

b. Pelayanannya Pelabuhan Umum, diselenggarakan untuk kepentingan masyarakat yang secara teknis dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP). Pelabuhan Khusus,dikelola untuk kepentingan sendiri guna menunjang kegiatan tertentu, baik instansi pemerintah, seperti TNI AL dan Pemda Dati I/Dati II, maupun badan usaha swasta seperti, pelabuhan khusus PT BOGASARI yang digunakan untuk bongkar muat tepung terigu. 

c. Lingkup Pelayaran Pelabuhan Internasional , utama primer yang melayani nasional dan internasional dalan jumlah besar. dan merupakan simpul dalam jaringan laut internasional. 

Pelabuhan International, utama sekunder yang melayani nasional maupun internasional dalam jumlah besar yang juga menjadi simpul jaringan transportasi laut internasional. Pelabuhan Nasional, utama tersier yang melayani nasional dan internasional dalam jumlah menengah. Pelabuhan Regional,pelabuhan pengumpan primer ke pelabuhan utama yang melayani secara nasional. Pelabuhan Lokal, pelabuhan pengumpan sekunder yang melayani lokal dalam jumlah kecil. 

d. Perdagangan Luar Negeri Pelabuhan Ekspor Pelabuhan Impor 

e. Kapal yang Diperbolehkan Singgah Pelabuhan Laut, Pelabuhan yang boleh dikunjungi kapal negara-negara sahabat. Pelabuhan Pantai, pelabuhan yang hanya boleh dikunjungi kapal nasional. 

f. Wilayah Pengawasan Bea Cukai Custom port, adalah wilayah dalam pengawasan bea cukai. Free port. adalah wilayah pelabuhan yang bebas diluar pengawasan bea cukai. 

g.Kegiatan Pelayarannya Pelabuhan Samudra, contoh: Pelabuhan Tanjung Priok. Pelabuhan Nusantara, contoh: Pelabuhan Banjarmasin. Pelabuhan Pelayaran Rakyat, contoh: Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta. 

h. Peranannya Transito, pelabuhan yang mengerjakan kegiatan transhipment cargo, seperti Pelabuhan Singapura. Ferry, pelabuhan yang mengerjakan kegiatan penyebrangan, seperti Pelabuhan Merak. Kata pelabuhan laut digunakan untuk pelabuhan yang menangani kapal-kapal laut. Pelabuhan perikanan adalah pelabuhan yang digunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal penangkap ikan serta menjadi tempat distribusi maupun pasar ikan. 

Klasifikasi pelabuhan perikanan ada 3, yaitu: 
Pelabuhan Perikanan Pantai, 
Pelabuhan Perikanan Nusantara, dan 
Pelabuhan Perikanan Samudera. 

Di bawah ini hal-hal yang penting agar pelabuhan dapat berfungsi: 
Adanya kanal-kanal laut yang cukup dalam (minimum 12 meter) 
Perlindungan dari angin, ombak, dan petir 
Akses ke transportasi penghubung seperti kereta api dan truk 

(Sumber :wikipedia.org)
Hubungi Kami :

TPM Cargo & Logistik
Jl. Teratai Blok 18/132 Duren sawit
Jakarta Timur 13460

Telp. : 021-2400 4401
Phone : 0812-1367 6329
Sales : 0852-1919 9443
Email : tpmcargo@gmail.com


Bookmark and Share
Powered By Blogger · Designed By Blogger Templates